Kamis, 18 Oktober 2012

MATERI KIMIA KELAS X SEMESTER 2


KD.1   Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
·         Mengenal Sifat Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
·         Senyawa-senyawa Pembentuk Larutan Elektrolit
KD.2   Reaksi Oksidasi Reduksi
·         Perkembangan Konsep Reduksi Oksidasi
·         Tata Nama Senyawa Menurut IUPAC
·         Penerapan Konsep Larutan Elektrolit dan Redoks
KD.3   Hidrokarbon
·         Hidrokarbon termasuk Senyawa Karbon
·         Pengelompokan Hidrokarbon
·         Alkana
·         Alkena
·         Alkuna
·         Reaksi-Reaksi pada Senyawa Hidrokarbon
·         Kegunaan dan Komposisi Senyawa Hidrokarbon dalam Kehidupan Sehari-hari
KD.4   Minyak Bumi
·         Minyak Bumi
·         Bensin/Hasolin
·         Dampak Pembakaran Bahan Bakar Terhadap Lingkungan



KD.1   Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
·         Larutan yaitu merupakan campuran homogen antara pelarut dengan zat terlarut. Pelarut merupakan komponen yang dapat melarutkan zat dengan komposisi yang lebih besar dari pada zat terlarut.
Berdasarkan sifat atau daya hantar listriknya, larutan dikelompokkan menjadi larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit
·         Senyawa-senyawa elektrolit dapat merupakan senyawa ion dan senyawa kovalen.
1.Senyawa ionik adalah senyawa yang teridiri atas ion-ion yang bermuatan. Dalam keadaan padat, senyawa ionik tidak dapat menghantarkan arus listrik karena ion-ionnya tidak bergerak bebas.
2.Senyawa kovalen adalah senyawa  yang berbentuk dari penggunaan pasangan elektron bersama. Tidak semua senyawa kovalen dapat menghantarkan arus listrik.
KD.2   Reaksi Oksidasi Reduksi
·         Peristiwa berkaratnya badan mobil bekas terjadi karena reaksi antara besi dengan oksigen di udara membentuk karat besi. Reaksi ini termasuk reaksi redoks. Reaksi redoks merupakan kependekan dari reaksi reduksi dan oksidasi.
·         (The International Union of Pure and Applied Chemistry) adalah organisasi ilmiah internasional non pemerintah yang menangani kasus global di bidang kimia
1.Penamaan unsur logan yang memiliki satu jenis bilangan oksidasi
2.Penamaan junsur logam yang mempunyai lebih dasi satu jenis bilangan oksidasi
3.penamaan unsur nonlogam yang mempunyai lebih dari satu jenis bilangan oksidasi
·         1.korosi
2.Penyempuhan
3.Pengolahan limbah cari dengan lumpur aktif

KD.3   Hidrokarbon
·         Senyawa karbon merupakan menyusun sebagian besar senyawa-senyawa dalama kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, kita sangat perlu mengetahui kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa, terutama senyawa hidrokarbon.
·         Senyawa hidrokarbon adalah golongan senyawa karbon yang hanya terdiri atas unsur karbon (C) dan hidrogen (H).
Pengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan bentuk rantainya dibedakan atas senyawa hidrokarbonalifatik (rantai atom C terbuka) dan senyawa hidrokarbon siklik (antai atom C tertutup) sedangkan berdasarkan jenis ikatanya atau kejenuhan ikatan senyawa hidrokarbon di kelompokan atas senyawa hidrokarbon jenuh (seluruh ikatan antarakarbonnya tunggal) dan senyawa hidrokarbon tak jenuh (terdapat ikatan antar karbon rangkap dua atau tiga).
·         Alkana adalah senyawa hidrokarbon yang seluruh ikatannnya tunggal (jenuh) yang biasa disebut parafin,yang artinya kurang reaktif.
·         Alkena merupakan senyawa hidrokarbon alifatik tak jenuh yang mempunyai satu ikatan rangkap – C = C –.
·         Alkuna merupakan senyawa hidrokarbon alifatik tak jenuh yang mempunyai satu ikatan rangkap tiga – C = C –.
KD.4    Minyak Bumi
·         Pembentukan minyak bumi berkaian dengan pengembangan bantuan sedimen berbutir halus yang menghadap di laut dalam kurun waktu 10 sampain 400 juta tahun. Minyak bumi berasal dari pelapukan sisa-sisa organisme sehingga disebut bahan bakar fosil, dimana sisa sisa organisme tersebut mengendap di dasar laut dan karena pengaruh tekanan dan suhu bakteri anerob menguraikan sisa-sisa jasad renik itu dan mengubahnya minyak bumi.
·         Bensin merupakan salah satu fraksi minyak bumi digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bensin adalah campuran isomer heptana dan oktana, di mana heptana mempunyai rantai karbon lurus dan oktana rantai karbonnya bercabang (isooktana / 2,2,4 trimetil - pentana)
·         Pembakaran bahan bakar fosil batu bara minyak bumi dan gas alam) menyebabkan masalah lingkungan khususnya pencemaran udara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar